Waspada! Jangan Makan Mangga Diiringi Dengan “3 Buah Ini”, Jika Diabaikan Bisa FATAL Akibatnya!

Siapa sih yang nggak suka makan mangga? Rasa buah mangga ini digambarkan sebagai campuran eksotis rasa peach dan nanas, campuran sempurna manis dan asam. Tapi ada beberapa hal yang harus kamu tahu tentang mangga lho, karena ada beberapa orang yang alergi terhadap mangga.

Maka dari itu, kamu harus tahu mangga harus dimakan seperti apa baru sehat untuk badan manusia. Selain itu, mangga juga bisa berakibat fatal jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa makanan lho. Nah, penasaran kan? Yuk, langsung aja disimak:

Kandungan buah mangga:

Mangga merupakan salah satu buah yang paling bergizi. Satu cangkir mangga menyediakan kandungan vitamin C hampir 25% dari asupan harian yang direkomendasikan, dua pertiga dari makanan harian untuk vitamin A, dan jumlah yang baik dari vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, dan magnesium.

Selain itu, mangga juga kaya pythochemicals, seperti astragalin, betakaroten, dan quercetin, yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

Mangga yang kaya akan vitamin A yang dapat mencegah kolesterol menempel pada pembuluh darah, jadinya sangat aman untuk dikonsumsi oleh pasien penyakit jantung. Mangga juga bisa menyeimbangkan sekresi lemak, sehingga kulit menjadi lebih lembab.

Mangga juga kaya vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, dapat memperlambat penuaan dan mencegah kanker.

Manfaat makan mangga:

#1. Mengobati batuk

Khasiat mangga juga dimungkinkan untuk mengobati batuk dan pilek, Pada kulit buah mangga sangat banyak terdapat kandungan obat alami, untuk mengatasi dan mencegah penyakit.

#2. Menurunkan kolesterol

Tingginya tingkat pektin dan Vitamin C dalam buah mangga telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL kolesterol.

#3. Meningkatkan kualitas mata

Buah Mangga mengandung vitamin A, anti-oksidan kuat yang dikenal untuk meningkatkan penglihatan mata dan melindungi terhadap usia degenerasi makula terkait.

#4. Mencegah kanker

Senyawa fenolik yang ditemukan di mangga, seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan methylgallat, telah terbukti memiliki manfaat sebagai anti-oksidan dan sifat anti-kanker. Buah Mangga juga tinggi pektin. Penelitian telah menunjukkan bahwa pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan.

#5. Membantu dalam pencernaan

Buah Mangga sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan. Buah Mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah protein untuk memfasilitasi penyerapan dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam mangga juga membantu dalam pencernaan.

Yang harus diperhatikan ketika makan mangga:

Sama seperti semua makanan, mangga juga tidak cocok apabila dimakan bersama dengan beberapa makanan di bawah ini:

#1. Seafood

Mangga dan seafood sama-sama gampang bikin alergi. Apabila dimakan bersamaan, maka akan berbahaya juga tidak mudah untuk dicerna.

#2. Makanan pedas (termasuk bawang)

Mangga mengandung asam amino yang agak tajam. Kalau ditambah dengan makanan pedas, maka akan merusak dan membahayakan ginjal.

#3. Nanas

Mangga dan nanas sama-sama mengandung asam dan tajam untuk saluran pencernaan. Apabila dimakan bersamaan, akan menyebabkan rasa gatal-gatal, sakit, bengkak, kram pada tangan, kaki dan lidah, keringatan, dan jika parah penyakit usus.

Jangan konsumsi mangga jika:

#1. Tidak matang

Ketika mangga belum matang, mungkin ada getah yang mengalir keluar, diperkirakan bahwa getah inilah yang menyebabkan alergi dari mangga.

Getah yang menempel pada kulit mangga memang bisa menyebabkan gatal-gatal, jerawat, ruam, bahkan muntah-muntah.

Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang habis makan mangga merah-merah dan bengkak di sekeliling bibirnya, ada juga yang suaranya jadi serak. Penderita asma juga harus mendengar saran dokter untuk tidak makan mangga.

Jika terjadi alergi ketika makan mangga, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih getah yang berada di dalam mulut dengan air dingin. Lalu kompres bagian mulut tadi dengan handuk dingin, setelah itu juga boleh segera ke rumah sakit atau ke apotik untuk beli obat.

#2. Penyakit nefritis

Segala sesuatu memang tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan. Mangga adalah buah yang kaya akan protein sehingga makan mangga mudah kenyang.

Oleh karena itu, jangan konsumsi mangga sehabis makan, apalagi setelah makan yang pedas-pedas. Sebelumnya ada kasus seseorang makan mangga kebanyakan, pada akhirnya orang tersebut menderita penyakit nefritis (kerusakan pada bagian ginjal).

#3. Penyakit kulit atau tumor

Orang yang menderita penyakit kulit atau tumor tidak dianjurkan untuk makan mangga karena mangga mengandung racun yang bersifat ‘lembab’. Penyakit kulit seperti eksim, luka nanah, penyakit ginekologi seperti keputihan, penyakit internal seperti edema, beri-beri, dan sebagainya disebabkan karena tubuh yang lembab.

Semoga artikel ini bermanfaat yah! Jangan lupa untuk SHARE dan LIKE agar teman dan saudaramu tahu akan info penting ini!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*