Mengatasi “Rambut Botak” dan “Suka Rontok” Tak Perlu Pakai Obat Kimia, Cukup Pakai “Pohon Pisang”. Saya Sudah Coba, Ternyata Berhasil.

Tak semua wanita dikaruniai rambut yang indah yaitu tebal dan subur. Berbagai cara biasanya dilakukan agar rambut lebih subur dan tebal. Tapi tahukah Anda, getah dari bonggol pisang ternyata bisa membuat rambut terlihat indah, lebat dan tebal. Benarkah?

Pohon pisang ternyata memiliki banyak manfaat. Selain buahnya yang enak disantap dan bisa dijadikan masker pisang untuk mencerahkan kulit, bagian batang bawah pohon pisang yang disebut bonggol pisang juga bisa dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan yaitu untuk menebalkan, melebatkan, menyuburkan sekaligus mengatasi masalah kerontokan rambut.

Pisang termasuk tanaman tropis dengan keistimewaan setiap bagian dari pohonnya, mulai dari bonggol, batang (gedebok), daun hingga buah bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang digunakan untuk menebalkan rambut adalah getah yang keluar dari bonggol pisang.

Getah dari bonggol pisang ini memiliki manfaat untuk rambut, karena menurut dr. Ipak Ridmah Rikenawati. M.Si. herbalis, getah dari bonggol pisang tersebut mengandung saponin, flavonoid, asam askorbat, antrakuinon, kuinon, lektin dan tannin.

Zat antrakuinon yang terkandung di dalam getah bonggol pisang bermanfaat untuk menyehatkan, sekaligus menumbuhkan, menyuburkan dan mengatasi kerontokan rambut.

Di samping itu, gedebok pisang mengandung protein, kalsium (Ca), zat besi (Fe), fosfor (P), selenium, vitamin B, vitamin C, Serta air dan lemak yang merupakan nutrisi sehingga rambut menjadi tebal.

Di samping menebalkan rambut, getah dari bonggol pisang juga memberikan manfaat untuk kulit karena mengandung zat saponin dan flavonoid yang merupakan antioksidan. Zat saponin dapat menyembuhkan luka lebih cepat karena pembuluh darah lebih aktif menutup luka.

Begitu pula kandungan asam askorbat dalam bonggol pisang yang berfungsi untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat atau kolagen baru, dan akan memberikan efek positif pada kulit.

Sementara zat flavonoid yang terkandung di dalam bonggol pisang bermanfaat menanggulangi radang sebab bersifat antiinflamasi. Getah dari bonggol pisang juga mengandung lektin yang berfungsi untuk menstimulasi penumbuhan kulit, serta untuk membunuh bakteri agar tidak masuk ke bagian tubuh lainnya yang sedang mengalami luka atau peradangan. Getah dari bonggol pisang juga mengandung zat tannin yang bersifat antiseptik.

Pemanfaatan.

Lantas bagaimana caranya memanfaatkan getah bonggol pisang untuk mengobati kebotakan rambut kepala? Simak caranya dibawah ini:

Pilihlah gedebok atau pohon pisang yang sudah berumur tua, lalu ditebang hingga batas bonggol pisangnya (bagian bawah kira-kira 10 cm dari tanah).

Lalu bagian bonggol pisang dilubangi bagian tengahnya. dan buatlah sebuah tutup diatasnya agar tidak dirusak oleh binatang seperti ayam. Penulis menyarankan untuk menutupnya dengan sebuah papan atau triplek sebesar ukuran lingkaran batang pohon pisang yang telah ditebang tersebut.

Namun ada cara yang lebih mudah, yakni dengan membungkusnya dengan sebuah plastik seperti gambar dibawah ini:

Biarkan kena embun semalaman, pagi harinya bagian bawah dari pohon pisang itu akan penuh dengan air.

Pakailah air itu tiap pagi untuk membasahi kulit kepala yang botak atau rontok rambutnya setiap hari. Sembari dioleskan, kulit kepala dipijat ringan untuk merangsang folikel rambut dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala. Setelah itu diamkan sekitar 25 menit.

Namun jika rambutnya mengalami kerontokan parah maka penggunaan getah dari bonggol pisang boleh lebih dari 3 jam. Sesudah itu kulit kepala dan rambut dicuci pakai air bersih.

Jika penggunaan getah dari bonggol pisang secara rutin seminggu sekali, maka rambut akan terlihat lebat. Meski bahan yang digunakan adalah getah dari bonggol pisang.

Penulis telah mempraktekannya sendiri dan hasilnya sungguh tak terduga. Hanya dalam waktu 1 bulan kepala botak pun bisa tumbuh rambut kembali.

1 pohon pisang umumnya bisa dipakai tiap pagi untuk jangka waktu 2 minggu, setelah waktu itu maka tidak akan bisa muncul getahnya kembali.

Selama saya mencobanya belum pernah ditemukan efek samping meski mengoleskannya ke kulit kepala yang botak tiap pagi selama sebulan penuh.

Membuat Rambut Tumbuh Subur

Selain bisa menumbuhkan rambut botak, Getah pohon pisang dapat digunakan untuk membuat rambut menjadi tumbuh subur, caranya adalah dengan memotong bagian pangkal daun yang letaknya dekat bongkot batang pisang sehingga keluar semacam cairan lendir.

Cairan lendir atau getah itu apabila setiap pagi digunakan untuk membasahi rambut, maka pasti akan tumbuh subur dan lebat

Mencegah Penyakit Infeksi

Kecuali dapat digunakan untuk membuat rambut tumbuh subur, getah pohon pisang dapat juga digunakan untuk menyembuhkan luka-luka karena benda tajam serta menghindarkan penyakit infeksi. caranya cukup oleskan getah pisang yang sudah disaring ke permukaan luka-luka yang ada di tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua pembaca, Jangan lupa bagikan kepada yang lain agar mereka tahu bahwa untuk menjadi sehat itu tak perlu mahal dan beresiko.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*