Kamu Punya Anak Kecil dan Suka Pegang HP? Waspadalah, Jangan Sampai Kejadian Seperti Ini Menimpa Anakmu Juga! Tolong Share Demi Masa Depan Anak Kita Semua

Tanpa kita sadari memang anak kecil zaman sekarang sudah demikian akrab dengan berbagai perangkat modern seperti HP, tablet, laptop, hingga televisi.

Mereka telah mahir menggunakan berbagai perangkat layar sentuh tersebut, bahkan beberapa di antara mereka malah telah mengalami ketergantungan. Mengapa demikian?

Teknologi modern memang memiliki berbagai manfaat, akan tetapi, bahaya ternyata juga menyertai penggunaannya, terutama pada para balita.

Balita Dilarang

Seorang ahli terapi dari Maryland, Amerika Serikat, memperingatkan bahwa penggunaan layar sentuh dalam waktu lama oleh seorang anak dapat melemahkan otot tangan anak tersebut. Hal inilah yang membuat banyak anak mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian.

Terlalu sering main gadget juga bisa menghambat perkembangan kecerdasan emosional anak.

“Gadget itu satu arah. Komunikasinya enggak dua arah. Jadi, gadget enggak mengasah kecerdasan sosial. Untuk peka secara emosional, enggak berkembang,” kata psikolog, Roslina Verauli.

Dengan terus-menerus bermain gadget, anak akan sibuk sendiri tanpa memikirkan lingkungan di sekitarnya.

Menurut Vera, anak perlu dibatasi dalam penggunaan gadget. Jangan sampai anak punya ketergantungan dengan gadget sejak kecil.

Vera mengatakan, kecerdasan emosional sangat penting untuk dimiliki oleh anak-anak.

Mengasah kecerdasan emosional sejak kecil bisa menumbuhkan kompetensi sosial pada anak. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa empati.

“Ketika anak kompeten secara emosional, anak juga siap kompeten secara sosial. Anak mampu berbagi pada orang lain, bisa mengikuti aturan main.”

“Anak yang cerdas secara emosional mampu mengendalikan emosi negatif,” kata Vera.

Menurut Vera, orangtua perlu memberikan contoh baik untuk mengasah kecerdasan emosional anak.

Selain itu yang paling membahayakan adalah terkait mata anak balita yang belum kuat menerima radiasi cahaya yang ditampilkan oleh layar ponsel.

Pasalnya baru-baru ini seorang ibu rumah tangga yang diketahui bernama Chana Arystyana Selasentana, merasa sangat menyesal telah memberikan akses hp kepada anaknya yang masih balita.

Hal ini diungkapkannya melalui akun facebooknya, ia menuliskan status sebagai berikut:

 

Postingan Chana Arystyana Selasentana tersebut hingga saat ini sudah dibagikan lebih dari 60 ribu pengguna Facebook dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

Dengan kejadian ini kita sebagai orangtua jangan sampai memberikan kebebasan bagi anak untuk memegang gadget setiap waktu. Sebaiknya dijadwal saja, misal boleh pegang gadget namun hanya seminggu sekali saja.

Silahkan share informasi ini, Insya Allah bermanfaat untuk kita semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*