Jangan Tidur Dalam Keadaan Rambut Basah! Dampaknya Ternyata Sangat Mengerikan, Dari Jamur Kulit Hingga Kanker!

Rambut adalah salah satu aset berharga untuk manusia, terutama para wanita, sampai ada istilah “Rambut Adalah Mahkota Wanita

Rambut gak hanya membuat wanita terlihat indah, rambut juga berfungsi menghangatkan kepala. Rambut bisa tumbuh panjang karena adanya akar rambut, dibawah kulit terdapat folikel atau saluran yang menyerupai kantong rambut, folikel tersebut bertugas melindungi tunas rambut, darahlah yang memberikan makanan pada folikel sehingga rambut menjadi tumbuh panjang.

Sebagian dari kita memiliki kebiasaan membawa tidur rambut yang masih basah sehabis keramas. Mungkin karena malas mengeringkan, mungkin pula karena sudah terlalu lelah. Tahukah Anda kalau ternyata kebiasaan itu rupanya bikin banyak bakteri merajalela?

Faktanya, ketika kita tidur dengan rambut basah, maka bantal jadi lembab. Di tempat yang lembab itulah mereka berkembang biak.

Oleh sebab itu, sebaiknya mengeringkan rambut sebelum tidur.

Dibawah ini adalah efek akibat Tidur Dalam Keadaan Rambut Basah!

#1. Menyebabkan Sakit Kepala

Jika kalian tidur dalam keadaan rambut masih basah, suhu kepala kalian tidak dapat menyesuaikan dengan suhu tubuh kalian, hal ini yang menyebabkan sakit kepala parah atau saat kalian bangun tidur kalian akan merasakan pusing atau kepala menjadi berat.

#2. Menyebabkan Infeksi dan tumbuhnya Jamur

Bantal yang kalian gunakan adalah tempat yang ideal untuk berkumpulnya bakteri karena menyerap keringat, sel-sel kulit mati, debu, dan minyak alami yang keluar dari tubuh kalian. Nah jika kalian tidur dalam keadaan rambut basah yang menempel pada bantal maka bantal akan basah juga, kondisi ini yang menciptakan tempat sempurna untuk mengembangkan infeksi.

#3. Menyebabkan Kerusakan pada Rambut

Saat masih basah rambut dapat rusak dengan lebih mudah. Misalnya akan mudah bercabang terutama saat rambut kalian bergesekan pada bantal, atau akan mudah ketombean karena infeksi dan jamur yang dihasilkan bercampur dengan debu pada saat masih basah hal ini menyebabkan rambut menjadi berketombe.

#4. Menyebabkan Pilek

Tidur dengan keadaan rambut masih basah dengan di dukung suhu ruangan yang dingin akan menyebabkan pilek. Sebagaimana dikutip dari New Health Advisor. Studi tersebut menjelaskan, hal ini terjadi karena tubuh terkena udara dingin.

Jika tubuh sudah mengalami seperti ini maka sistem pembuluh darah pada hidung dan tenggorokan akan terbatas. Dan kemudian berpengaruh pada sel darah putih, di mana sel darah putih akan sedikit melamban untuk melawan infeksi tubuh.

Akibatnya, kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga flu mudah menyerang tubuh.Untuk itu, studi tersebut menyarankan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk tidur.

#5. Menyebabkan Kanker

Belum ada penelitian dan studi yang menjelaskan akan hal ini, tapi yang jelas jika rambut yang masih basah ditutup atau langsung tidur akan bisa merusak sel-sel kulit kepala, mungkin tepatnya bukan adalah bisa menyebabkan kanker kulit kepala bukan kanker otak.

Jika kita terlalu lelah atau malas untuk mengeringkan rambut sehabis keramas di malam hari, sebaiknya ubah kebiasaan itu.

Caranya?

  • Pertama, keramaslah di pagi hari ketimbang di malam hari. Apalagi jika kita malas mengeringkannya dengan pengering rambut, biarkan ia kering dengan sendirinya.
  • Kedua, jika tidak bisa juga keramas di pagi hari, cobalah untuk meletakkan pengering rambut dekat atau langsung terlihat setelah kita keramas.

Itu akan memotivasi kita untuk mengeringkan rambut terlebih dulu. Jika terpaksa tidur dengan rambut basah akibat kelelahan, coba letakkan handuk sebagai alas pada bantal. Dengan begitu, bantal tidak akan lembab dan bakteri tak merajalela.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*